Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah acuan atau pedoman
dasar dalam menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.
Rambu-Rambu Penyusunan KKM
Adapun rambu-rambu dalam penetapan KKM adalah sebagai
berikut :
Pertanyaan :
- Kapan
KKM ditetapkan?
- Siapa
yang Menetapkan KKM?
- Nilai
KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan apa?
- Maksimal
Nilai ketuntasan berapa?
- Apakah
sekolah dapat menetapkan nilai KKM kurang dari nilai maksimal KKM?
- Apakah
nilai KKM perlu dicantumkan di dalam LHBS?
Jawaban :
- KKM
ditetapkan pada awal tahun pelajran
- KKM
ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
- Nilai
KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100
- Nilai
ketuntasan belajar maksimal adalah 100
- Sekolah
dapat menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal
- Nilai
KKM harus dicantumkan dalam LHBS
Mekanisme dan Langkah-Langkah Penyusunan KKM
·
(Kesulitan & Kerumitan) setiap
IP/KD yang harus dicapai siswa
·
Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila
dalam pelaksanaannya menuntut :
o SDM (Siswa memahami Kompetensi yang harus dicapai dan kreatifitas
serta inovatif dalam melaksanakan pembelajaran
o WAKTU (sukup lama karena perlu pengulangan
o PENALARAN dan KECERMATAN siswa yang tinggi.
Daya Dukung
KEMAMPUAN SUMBER DAYA PENDUKUNG yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana
pendidikan yang sangat dibutuhkan , BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholder sekolah.
Intake
KEMAMPUAN yang dimiliki oleh peserta didik atau input yang diterima.
Format Penetapan KKM
Menafsirkan Kriteria Menjadi Nilai
A. Dengan memberikan poin pada setiap kriteria
yang ditetapkan :
- Kompleksitas
: Tinggi = 1, Sedang = 2 dan Rendah = 3
- Daya
Dukung : Tinggi = 3, Sedang = 2 dan Rendah = 1
- Intake
: Tinggi = 3, Sedang = 2 dan Rendah = 3
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya
dukung tinggi dan intake peserta didik sedang maka nilainya adalah :
(3+3+2)
x 100 = 88,89 dibulatkan menjadi 89
9
Contoh Format A
B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap
kriteria, misalnya :
- Kompleksitas
: Tinggi = 50-64, Sedang = 65 – 80, Rendah = 81 – 100
- Daya
Dukung : Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64
- Intake
: Tinggi = 81 – 100, Sedang = 65 – 80, Rendah =50 – 64
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi
dan intake peserta didik sedang maka nilainya
adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang ditentukan.
Dalam menentukan rentang nilai dan mentukan nilai dari
setiap kriteria perlu kesepakatna forum KKG di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar